Rabu, 28 Maret 2012

Pengobatan penyakit psikis

Hidup penuh tantangan, penuh rintangan. tapi disitulah seni membangun kehidupan yang membuat hidup lebih hidup. kadang hidup memang membuat kita lelah, letih. lesu dan tak berdaya. pikiran terlalu berat karena permasalahan hidup yang sudah begitu lama tak terselesaikan.
Merasa sendirian dalam menghadapi masalah tersebut. inilah tanda - tanda penyakit psikis yang mulai mendatangi jiwa - jiwa yang sedang menggapai - gapai pegangan agar tidak jatuh, lalu bagaimana menghadapi penyakit psikis ini ?

HATI - HATI dan WASPADALAH !!!

Perasaan tertekan terus menerus bisa berdampak negatif pada kesehatan fisik. kepala pusing separuh atau kepala sangat berat. tubuh lemas dan mudah terserang ngantuk. jangan - jangan beban psikis yang sudah terlalu lama dibiarkan berubah menjadi penyakit psikis.
bila sudah berupa penyakit, makabantuan obat - obatan bisa saja dibutuhkan. bila obat sudah digunakan, bukan tidak mungkin akan menimbulkan masalah baru. misalnya, rasa ketergantungan pada obat anti-depresan atau gangguan ginjal.
Penyakit fisik juga bisa menjadi penyebab penyakit psikis. pikiran yang selalu tertuju bagaimana mengobati penyakit fisik atau ketiadaan dana untuk berobat bisa jadi membuat penyakit psikis semakin tumbuh subur didalam diri.
Penyakit psikis memang tidak langsung terlihat. tapi secara perlahan dan pasti dia akan menggerogoti fisik. mata cekung tak bersinar dengan tatapan losong adalah salah satu ciri penyakit psikis. sakit lambung yang tidak disebabkan oleh makanan tertentu tapi hanya karena merasagugup atau karena demam panggung, bisa menjadi penyakit psikis bila tidak ditanggulangi secara tepat.
Stress, emosi yang tak terkendali, sulit tidur, dan tidak mempunyai nafsu makan, adalah diantara tanda - tanda adanya gangguan pada psikis. keadaan keluarga yang tidak harmonis, beban pekerjaan yang terlalu berat, kenakalan anak, musibah yang menimpa, kehilangan orang - orang terkasih, juga bisa membuat hati dan pikiran tak menentu. ketidak terarahan pikiran inilah yang membuat seseorang mengalami penyakit psikis. obatnya adalah :

  • Jujurlah pada diri sendiri bahwa diri ini sedang menghadapi masalah. katakan bahwa masalah ini cukup berat dan butuh bantuan orang lan. rengkuhlah masalah itu. rasakanlah seperti merasakan dekapan kekasih yang begitu rindu. nikmatilah tekanan yang disebabkan oleh masalah tersebut.
  • Menangislah. menangislah dihadapan orang yang terpercaya. ceritakanlah permasalahan yang sedang dihadapi. pengungkapan rasa getir ini dapat mengurangi beban mental
  • Dengarlah musik yang menenangkan.
  • Makanlah makanan yang banyak mengandung potassium karena dapat meringankan stress
  • Menulislah, tuangkan semua masalah atau duka yang dirasakan
  • Bacalah buku atau Al Qur'an
  • Lihatlah kehidupan orang yang lebih getir dari hidup anda dan bersyukurlah akan keadaan anda sekarang
  • Sibukkan diri anda dengan berbagai kegiatan yang benar - benar anda senangi
  • Berkumpullah dengan teman teman yang baik
  • Yakinlah bahwa anda tidak sendirian dalam menghadapi masalah ini
  • Pasrahkan semuanya kepada sang Khaliq. tiada daya dan upaya yang akan berhasil tanpa ridho-Nya

Keprasahan pada yang kuasa adalah obat mujarab terbaik bagi penyakit psikis. Carilah kedamaian dalam do’a. Rebahkanlah jiwa dalam kehangatan malam yang dipenuhi dengan harapan-harapan penuh sinar kenyataan. Belailah jiwa yang gelisah dengan air wudhu.
Sentuhlah mata-mata nan bersedih dengan lembutnya tangan-tangan tulus yang hangat. Yakinlah jiwa itu akan terarah lagi. Jiwa itu akan menjadi penuntun yang akam membuat emosi terkendali lagi. Jangan biarkan jiwa nan suci itu terpeleset ke jurang nan curam hingga mati tebenam dalam lumpur pekat kegelapan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar