Pengertian content (web content) adalah istilah
yang merujuk pada teks, grafik, gambar, video, dan audio yang terdapat pada web
page.
MODEL
RETORIKA DI WEB
Retorika
berarti mempunyai keinginan untuk berbicara baik secara umum maupun khusus,
yang dapat dilakukan dalam beberapa kelompok untuk mencapai suatu tujuan
tertentu ( misalnya memberikan informasi data atau memberikan informasi). Oleh
karena itu pembicaraan adalah suatu kemampuan khusus manusia. Untuk
menyampaikan jalan pikirannya kepada orang lain.
Aristoteles
mendefinisikan retorika sebagai “kemampuan untuk melihat atau mengidentifikasi
dalam keadaan tertentu sarana yang tersedia persuasi.” Menganalisis retorika
berfokus pada “bagaimana” dan “mengapa” persuasi daripada apa hal-hal tertentu
orang katakan atau tulis agar persuasif . Salah satu cara komponen strategi
retoris adalah dengan menggunakan Segitiga Retoris. Model ini menempatkan ke
dalam kerangka umum interaksi antara berbagai aktor dan perangkat dalam
persuasi. Tiga Banding retorik adalah strategi utama yang digunakan untuk
membujuk penonton/audience dan juga perangkat penting untuk memahami ketika
membangun atau mendekonstruksi argumen. Retorika adalah sebuah seni
berkomunikasi efektif dengan wicara. Retorika merujuk pada suatu teknik
pemakaian bahasa sebagai seni, yang didasarkan pada suatu pengetahuan yang
tersusun baik.
Segitiga
retoris memungkinkan Anda untuk secara efektif menganalisis teks yang berbeda
sebuah argumen untuk strategi retoris dan perangkat. Model ini membentuk proses
retoris menjadi bagian-bagian dikelola dan berbeda melalui Segitiga Retoris dan
Tiga Banding Retoris:
Segitiga
retoris terdiri dari tiga komponen yang hadir dalam setiap proses persuasif:
§ Penulis: orang yang menghasilkan teks.
§ Pemirsa: orang / orang yang menerima / teks.
§ Teks: pesan yang disampaikan dari penulis untuk
penonton
Banding
retoris: tiga jalan utama dimana orang dibujuk.
§ Logos: Strategi alasan, logika, atau fakta.
Setiap jenis argumen yang menarik bagi sisi rasional seseorang adalah menarik
untuk logo.
§ Ethos: ” Karakter” Banding ke etos Strategi
kredibilitas, wewenang, atau menunjukkan penulis kepercayaan, keahlian dan
kejujuran dan berusaha untuk menempatkan penulis dalam cahaya yang lebih
positif untuk penonton.
§ Pathos: Strategi emosi dan mempengaruhi. Pathos
menarik bagi rasa audiens kemarahan, kesedihan, atau kegembiraan.
Aristoteles
berpendapat bahwa logos adalah bentuk terkuat dan paling dapat diandalkan dari
persuasi, bentuk yang paling efektif persuasi, bagaimanapun, menggunakan ketiga
banding.
Ethos pada
halaman web merupakan identitas dari web tersebut yang disajikan oleh penulis
atau pembuat web sebagai situs buatannya. dapat berupa warna, lambang dan ciri
khas lainnya.
Sumber :
https://dhozkiii24.wordpress.com/2013/08/26/penjelasan-web-content-media-standar-generative-model-model-retorika-di-web/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar