Kamis, 07 Juni 2012

Manusia dan Tanggung Jawab (BAB 9)

Pengertian Tanggung Jawab
     Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran, keinsafan pengertian atsa segala perbuatan, akibat, dan atas kepentingan pihak lain, ataupun juga karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam.
     Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. apabila dikaji, tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat.

A. MACAM - MACAM TANGGUNG JAWAB
     Tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya. maka atas dasar ini, lalu dikenal beberapa jenis tanggung jawab, yaitu :

  • Tanggung jawab terhadap dirinya sendiri
  • Tanggung jawab terhadap keluarga
  • Tanggung jawab terhadap masyarakat
  • Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara
  • Tanggung jawab terhadap Tuhan
B. PENGABDIAN DAN PENGORBANAN
     Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.

  • Pengabdian, pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetian, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. pengabdian pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab.
  • Pengorbanan, pengorabanan berasal dari kata "korban" atau "kurban" yang berarti persembahan. sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keihklasan yang tidak mengandung pamrih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar